Pengembangan Konvergensi Media Berbasis Website Company Profile “Swacreativeâ€
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.339Kata Kunci:
konvergensi media, website, learnability, efficiencAbstrak
Perusahaan perlu mempresentasikan identitas, layanan, produk dan karyanya kepada khalayak luas salah satunya melalui website company profile. Di dalam websitecompany profile dapat dikonvergensikan beberapa media untuk menyajikan informasi perusahaan yang lengkap dan menarik. Hanya saja, dalam mengembangkan konvergensi media berbasis websitecompany profile belum semuamenerapkan usability, sehingga pengguna mengalami hambatan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan. Oleh karena itu, konvergensi media berbasis websitecompany profile “Swacreative†dikembangkan dengan memperhatikan prinsip usability terutama pada aspek learnability dan efficiency. Aspek learnability dan efficiency diterapkan pada tampilan tata letak konten, penggunaan jenis dan warna teks, penggunaan fitur navigasi, dan ketersediaan pilihan tampilan foto dan video. Hasil pengujian usability website oleh 41 responden diperoleh kesimpulan bahwa website telah memenuhi aspek learnability dan efficiency. Terkait dengan aspek learnability, mayoritas responden setuju website mudah dipahami dan dipelajari, interaksi dengan jelas dan mudah dimengerti, semua halaman website tampil tanpa kesalahan, jenis dan warna teks jelas dibaca serta struktur menu yang mudah dipahami. Terkait aspek efficiency responden mayoritas setuju bahwa menu tampil cepat, tersedia pilihan navigasi, desain konten terstruktur, tersedia opsi tampilan foto dan video serta website mampu diakses melalui beberapa web browser.
Unduhan
Referensi
Geni, B. Y., Supriyadi, A., Khotimah, H., & Yanti, W. I. (2024). Rancang Bangun Company Profile Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus: APM Frozen Food). Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika Dan Komputer, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.52005/restikom.v6i1.260https://doi.org/10.1007/s41870-017-0048-1
Harsono, A. (2022). Konvergensi Jogja TV dan Media Sosial. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.56873/jimk.v7i2.194
Hodrien, A., & Fernando, T. (2021, May 28). A Review of Post-Study and Post-Task Subjective Questionnaires to Guide Assessment of System Usability—JUX. JUX - The Journal of User Experience. https://uxpajournal.org/review-post-study-task-subjective-questionnaires-usability/
iframemultimedia.com. (2024). IFrame Multimedia | Professional Video Services. https://www.iframemultimedia.com/
Nielsen, J. (1993). Usability engineering. Academic press.
Nielsen, J. (1999). Designing web usability (1st ed.). New Riders Pub.
Nurlailah, E., & Wardani, K. R. N. (2023). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Oleh-Oleh Khas Kota Pagaralam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(4), Article 4. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4006
phoenixmultimedia.id. (2024). Front page—Phoenix. http://phoenixmultimedia.id/
Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia | Ramdhan | JURNAL SISFOTEK GLOBAL. 9(2). http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v9i2.240
Sagar, K., & Saha, A. (2017). A systematic review of software usability studies. International Journal of Information Technology. https://doi.org/10.1007/s41870-017-0048-1
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
