Perancangan Buku Pop-up Tema Pertemanan guna Mencegah Bullying dalam Proses Pembelajaran di Kelas

Penulis

  • Anastacia Ruth Maharani Universitas Dian Nuswantoro
  • Toto Haryadi Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.341

Kata Kunci:

bullying, desain, edukasi, sekolah dasar, buku pop-up

Abstrak

Bullying merupakan suatu tindakan permusuhan yang dilakukan secara sengaja oleh individu atau kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk menyakiti atau mengancam sehingga korban merasa sedih, takut, dan trauma. Bullying dapat terjadi dimana saja, salah satunya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Sumberagung 2 Bojonegoro. Untuk memberikan edukasi tentang bullying, maka perlu dirancang media pembelajaran yang menarik sehingga mudah dipahami dan menarik perhatian siswa. Buku pop-up berpotensi untuk mengatasi masalah tersebut karena memiliki unsur-unsur yang menarik di dalamnya. Halaman 3 dimensi yang dapat bergerak ketika dibuka menjadi nilai tambah dalam menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didukung dengan metode analisis data 5W+1H dan metode Design Thinking untuk proses kreatif, yaitu menghasilkan media berupa pop-up book. Perancangan ini diharapkan mampu membantu meminimalisir permasalahan bullying yang terjadi di SDN Sumberagung 2 Bojonegoro khususnya pada anak kelas 1.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Astutik, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio, 7(4), 1647–1652. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557

Aulia, S., Saraswati, N. D., Hikmawati, L. C., & Puspita, A. M. I. (2024). Pendidikan Berkualitas untuk Semua: Mewujudkan Hak Asasi Manusia di Bidang Pendidikan. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 307–315.

Azizah, N. N., Listiani, P. F., Fatmala, A. D. E., Fathurahman, F., Khaerima, M., & Fauziah, M. (2024). Perilaku Bullying Pada Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2672

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Fajriati, R., Herawati, H., Asyura, F., & Ilhamsyah, P. (2023). Edukasi Bullying Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Sd Kelas Vi Mis Hafizh Cendekia Banda Aceh. Journal of Education Science, 9(1), 1. https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2848

Haryadi, T., & Saputro, G. E. (2022). Adaptasi Design thinking dalam Revitalisasi Museum Ronggowarsito berbasis Interaktif dengan Pendekatan SMCR. DeKaVe, 15(1), 20–36. https://doi.org/10.24821/dkv.v15i1.6091

Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815.

Huda, S. (2023). Mata Siswi Kelas 2 SD di Gresik Buta usai Dicolok Tusuk Sate oleh Kakak Kelasnya. https://www.metrotvnews.com/read/NrWCZ7oM-mata-siswi-kelas-2-sd-di-gresik-buta-usai-dicolok-tusuk-sate-oleh-kakak-kelasnya

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan media pop up book sebagai media belajar yang menyenangkan di rumah dalam inovasi pembelajaran sd kelas rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119

Jayanti, L. S. S. W., & Wibawa, K. S. (2024). Menumbuhkan Minat Baca melalui Pop Up Book. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mayangsari, M. (2023). Mencegah Perilaku Bullying Menggunakan Media Pop-up Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 139–143. https://anthor.org

Pebriana , A. D. I., & Lutfi, M. R. (2022).Ayo Berteman. Dar! Mizan.

Rahayuningrum, D. C., Patricia, H., Apriyeni, A., & Irman, V. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal

Pengabdian Perawat, 5(9), 3110–3116. https://doi.org/10.32584/jpp.v1i2.1836

Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189

Rhamdani, B. (2023). Hari Pertama Bertemu Teman Baru. pelangi Mizan.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Widiodiningrat, R., Hadikoesoemo, K. B., Iskandardinata, O., & Dkk. (1945). Undang - Undang Dasar 1945 (Vol. 105, Issue 3). Indonesia.

Yudiana, K., Andita, D., Lestari, N. K. A., Pratiwi, L. I. A., & Fridayanthi, N. K. D. C. (2024). Pop-up Book sebagai Media Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nilacakra.

Diterbitkan

2025-01-03

Cara Mengutip

Maharani, A. R., & Haryadi, T. (2025). Perancangan Buku Pop-up Tema Pertemanan guna Mencegah Bullying dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 9(2), 80-93. https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.341

Artikel Serupa

1-10 dari 13

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.