Perancangan Buku Pop-up Tema Pertemanan guna Mencegah Bullying dalam Proses Pembelajaran di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.341Kata Kunci:
bullying, desain, edukasi, sekolah dasar, buku pop-upAbstrak
Bullying merupakan suatu tindakan permusuhan yang dilakukan secara sengaja oleh individu atau kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk menyakiti atau mengancam sehingga korban merasa sedih, takut, dan trauma. Bullying dapat terjadi dimana saja, salah satunya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Sumberagung 2 Bojonegoro. Untuk memberikan edukasi tentang bullying, maka perlu dirancang media pembelajaran yang menarik sehingga mudah dipahami dan menarik perhatian siswa. Buku pop-up berpotensi untuk mengatasi masalah tersebut karena memiliki unsur-unsur yang menarik di dalamnya. Halaman 3 dimensi yang dapat bergerak ketika dibuka menjadi nilai tambah dalam menciptakan proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didukung dengan metode analisis data 5W+1H dan metode Design Thinking untuk proses kreatif, yaitu menghasilkan media berupa pop-up book. Perancangan ini diharapkan mampu membantu meminimalisir permasalahan bullying yang terjadi di SDN Sumberagung 2 Bojonegoro khususnya pada anak kelas 1.Unduhan
Referensi
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Astutik, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi Penting dengan Teknik 5W+1H Berbantuan Video pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio, 7(4), 1647–1652. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1557
Aulia, S., Saraswati, N. D., Hikmawati, L. C., & Puspita, A. M. I. (2024). Pendidikan Berkualitas untuk Semua: Mewujudkan Hak Asasi Manusia di Bidang Pendidikan. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 307–315.
Azizah, N. N., Listiani, P. F., Fatmala, A. D. E., Fathurahman, F., Khaerima, M., & Fauziah, M. (2024). Perilaku Bullying Pada Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2672
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Fajriati, R., Herawati, H., Asyura, F., & Ilhamsyah, P. (2023). Edukasi Bullying Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Sd Kelas Vi Mis Hafizh Cendekia Banda Aceh. Journal of Education Science, 9(1), 1. https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2848
Haryadi, T., & Saputro, G. E. (2022). Adaptasi Design thinking dalam Revitalisasi Museum Ronggowarsito berbasis Interaktif dengan Pendekatan SMCR. DeKaVe, 15(1), 20–36. https://doi.org/10.24821/dkv.v15i1.6091
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815.
Huda, S. (2023). Mata Siswi Kelas 2 SD di Gresik Buta usai Dicolok Tusuk Sate oleh Kakak Kelasnya. https://www.metrotvnews.com/read/NrWCZ7oM-mata-siswi-kelas-2-sd-di-gresik-buta-usai-dicolok-tusuk-sate-oleh-kakak-kelasnya
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan media pop up book sebagai media belajar yang menyenangkan di rumah dalam inovasi pembelajaran sd kelas rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119
Jayanti, L. S. S. W., & Wibawa, K. S. (2024). Menumbuhkan Minat Baca melalui Pop Up Book. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mayangsari, M. (2023). Mencegah Perilaku Bullying Menggunakan Media Pop-up Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 139–143. https://anthor.org
Pebriana , A. D. I., & Lutfi, M. R. (2022).Ayo Berteman. Dar! Mizan.
Rahayuningrum, D. C., Patricia, H., Apriyeni, A., & Irman, V. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal
Pengabdian Perawat, 5(9), 3110–3116. https://doi.org/10.32584/jpp.v1i2.1836
Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189
Rhamdani, B. (2023). Hari Pertama Bertemu Teman Baru. pelangi Mizan.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Widiodiningrat, R., Hadikoesoemo, K. B., Iskandardinata, O., & Dkk. (1945). Undang - Undang Dasar 1945 (Vol. 105, Issue 3). Indonesia.
Yudiana, K., Andita, D., Lestari, N. K. A., Pratiwi, L. I. A., & Fridayanthi, N. K. D. C. (2024). Pop-up Book sebagai Media Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nilacakra.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
