Perancangan Aplikasi #JagoNgobrol untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Rifki Setiawan Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta
  • Yoseph Satria Praka Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta https://orcid.org/0009-0008-1977-3923
  • Danang Aryaputra Giffary Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta
  • Noorlela Marcheta Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimk.v10i1.488

Kata Kunci:

perancangan aplikasi, model pembelajaran, keterampilan komunikasi

Abstrak

Keterampilan komunikasi yang efektif merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung keberhasilan siswa di lingkungan sekolah. Namun, banyak siswa SMP masing mengalami hambatan dalam berkomunikasi, seperti kurang percaya diri dan kesulitan menyampaikan ide. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi #JagoNgobrol untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui pendekatan berbasis teknologi. Perancangan meliputi tahap perencanaan, desain produksi, dan evaluasi. Aplikasi ini dirancang dengan fitur inovatif seperti simulasi augmented reality, mood harian, kustomisasi maskot dan sarang tenang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, memiliki antarmuka yang interaktif, dan materi pembelajaran yang bertingkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah #JagoNgobrol berpotensi menjadi solusi praktis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa secara kreatif dan terarah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Rifki Setiawan, Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta
    Seorang mahasiswa D4 Teknik Multimedia Digital di Politeknik Negeri jakarta.

Referensi

Adriyanti, K. Y., Santosa, M. H., & Suprianti, G. A. P. (2022). Developing Android-Based English Folktales Learning Materials to Develop Communication Skills of Primary School Students. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 294–307. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1923

Fitriana, E. A. (2022). Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Klasikal Dengan Media Group Whatsaapp. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(1), 89–98. https://doi.org/10.51878/educational.v2i1.1012

Haan, C. D. (2019). Perancangan Prototipe Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah “Tata Kamera†Di STMMYogyakarta. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 4(1). https://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jimk/article/view/93/91

Jalil, M. N. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Counseling Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19317

Khomarudin, A. N., Novita, R., & Anita, R. S. (2023). Pengembangan Aplikasi Hybrid Mobile Sosiometri sebagai media pendukung pembelajaran di laboratorium bimbingan konseling. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 339–354. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52232

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/JPI.041.14

Leksana, D. M., & Manan, A. (2021). Dari Klasikal Menuju Virtual: Implementasi aplikasi SIAP-BK dalam Proses Konseling Bagi Guru BK di Lingkungan Kemenag Lamongan. Akademika, 15(1). https://doi.org/10.30736/adk.v15i1.520

Mastan, I. A. (2021). Perancangan Aplikasi Penjualan Toko Citra Baru Berbasis Aplikasi Mobile. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(1). https://doi.org/10.30813/jbase.v4i1.2733

Mulyati, M. I., & Anatolia, L. (2023). Color Selection Study Of Children’s Outpatient Clinic Interior Related To Patient Stress Level. Asian Journal of Healthy and Science, 2(5), 225–231. https://doi.org/10.58631/ajhs.v2i5.47

Oktavia, R., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2022). Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Artikel Jurnal Nasional. Prossiding Galuh Mathematics National Conference, 2(1), 53–70. https://jurnal.unigal.ac.id/GAMMA-NC/article/view/13572

Sape, H. (2024). Pengaruh Platform Digital Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.62388/prisma.v3i2.490

Septiani, R. P., & Badarudin, B. (2024). Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V melalui Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Berbantu Media Lapbook. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 867–874. https://doi.org/10.54082/jupin.424

Supriadi, O. A., & Arianti, A. S. (2021). KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER MASKOT “DIMAS-TI.†TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(1), 65. https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19917

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Yuliyanti, E., & Sriyanto, S. (2025). Kunjung Karya Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.51878/strategi.v5i2.5390

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-17

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Setiawan, R., Praka, Y. S., Giffary, D. A., & Marcheta, N. (2025). Perancangan Aplikasi #JagoNgobrol untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 10(1), 61-74. https://doi.org/10.56873/jimk.v10i1.488

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.